Categori

My Popularity (by popuri.us)

Pengikut

Arsip Blog

Get paid To Promote at any Location

Selasa, 14 Desember 2010

Bersiap Sedialah Kota Dan Kabupaten Di Seluruh Indonesia Berikut Yang Mungkin Diterjang Tsunami Kembali





Berdasarkan peta bencana 2010-2014 yang disusun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan instansi terkait, terdapat 150 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia yang berpotensi diterjang tsunami.
Direktur Pengurangan Risiko Bencana BNPB Sutopo Purwo Nugrho mengatakan, kota dan kabupaten tersebut tersebar di sepanjang pantai barat, meliputi 21 wilayah, yaitu: Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung-Banten, Jawa Tengah Bagian Selatan, Jawa Timur Bagian Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku Selatan, Biak-Yapen, Balikpapan, sekurau, Palu, Talaud, Kendari

Tsunami juga berpotensi terjadi di kepulauan Halmahera, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Papua bagian utara.

Lantaran tsunami memberikan dampak dari gempa bumi, Direktur Pengurangan Risiko Bencana BNPB Sutopo menegaskan sebenarnya wilayah-wilayah itu mempunyai potensi tinggi atas gempa. “Umumnya tsunami tersebut berlangsung bila gempa lewat dari 6,5 skala richter beserta kedalaman kurang dari 20 kilometer,”


Selain dikepung tiga lempeng tektonik dunia, Indonesia juga merupakan jalur The Pasicif Ring of Fire (Cincin Api Pasifik), yang merupakan jalur rangkaian gunung api aktif di dunia. Cincin api Pasifik membentang diantara subduksi maupun pemisahan lempeng Pasifik dengan lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, lempeng Amerika Utara dan lempeng Nazca yang bertabrakan dengan lempeng Amerika Selatan. Ia membentang dari mulai pantai barat Amerika Selatan, berlanjut ke pantai barat Amerika Utara, melingkar ke Kanada, semenanjung Kamsatschka, Jepang, Indonesia, Selandia baru dan kepulauan di Pasifik Selatan. Indonesia memiliki gunung berapi dengan jumlah kurang lebih 240 buah, di mana hampir 70 di antaranya masih aktif. Zone kegempaan dan gunung api aktif Circum Pasifik amat terkenal, karena setiap gempa hebat atau tsunami dahsyat di kawasan itu, dipastikan menelan korban jiwa manusia amat banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra