Categori

My Popularity (by popuri.us)

Pengikut

Arsip Blog

Get paid To Promote at any Location

Selasa, 07 Desember 2010

Hasil Akhir Piala AFF 2010 Indonesia vs Thailand

Kalau mau jujur, permainan Timnas Indonesia tak istimewa ketika menghadapi Thailand dalam laga penutup Grup A Piala AFF 2010. Indonesia yang turun tanpa sejumlah pemain utama, termasuk kapten Firman Utina, mendapat kesempatan menyerang di delapan menit pertama. Akan tetapi, kecepatan dan keunggulan fisik "Gajah Putih" membuat tim "Garuda" mulai merapatkan barisan pertahanan.


Di paruh pertama, Thailand setidaknya memiliki tiga kesempatan emas. Salah satunya ketika tandukan Suttinun Phukhom melewati kiper Markus Haris Maulana di menit ke-41. Untunglah Eka Ramdani berjaga-jaga di depan gawang dan mengusir bola secepat mungkin.


Indonesia kembali dipaksa bertahan di babak kedua. Di menit ke-50, Markus membuat blunder ketika ia maju dan gagal menepis bola menyilang di kotak penalti. Datsakorn Thonglao langsung menyambut bola dengan tendangan keras, tapi Maman Abdurahman sudah siap mengusir bola dengan tandukannya.
Tekanan yang dilancarkan Thailand datang bertubi-tubi. Beberapa peluang bisa dipatahkan Maman Abdurachman dkk di lini belakang. Tapi, pada menit ke-68, gawang timnas jebol juga. Tendangan menyilang Suree Sukha melesak ke pojok gawang pada menit ke-68. Markus Horison tak berdaya.

Strategi pelatih Alfred Riedl memasukkan Arif Suyono mengubah arah angin. Suyono menjadi peman yang sulit diantisipasi karena sering kali menusuk ke dalam kotak penalti. Konsentrasi pemain Thailand goyah karena sebelumnya Oktavianus Maniani lebih suka menyisir sisi lapangan.

Namun, dewi fortuna seperti berpihak pada Indonesia setelah Cristian Gonzales dijegal pemain Thailand di kotak penalti. Bambang Pamungkas yang bertugas menjadi eksekutor tendangan penalti bisa memanfaatkan kesempatan untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Tujuh menit berselang, Bambang kembali bisa membawa Indonesia unggul melalui hadiah penalti setelah bek Thailand Panupong Wongsa menampis bola menggunakan tangannya.

Dalam perjalanannya sepanjang babak penyisihan, boleh jadi ini merupakan pertandingan terberat bagi tim Garuda. Pada dua pertandingan sebelumnya, Indonesia yang kini diperkuat dua debutan striker Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim, selalu tampak tampil sempurna dengan skor telak menggilas lawan-lawannya. Indonesia menggerus Malaysia 5-1 pada pertandingan pertama. Selanjutnya saat melawan Laos, Indonesia menang 6-0.

"Saya terkejut dengan tenaga ekstra yang dimiliki para pemain," puji Riedl yang tetap tidak mau mengambil risiko menurunkan Firman Utina meski tertinggal. Firman sudah mengantongi satu kartu kuning dan Riedl tak ingin sang kapten mendapat akumulasi kartu.

Maju terus tim Garuda ku……………….

Susunan Pemain

Indonesia: 1-Markus Horison Maulana (g), 2-Mohammad Nasuha, 16-Muhammad Roby, 3-Zulkifli Syukur, 22-Muhammad Ridwan, 5-Maman Abdurahman (C), 6-Tony Sucipto, 8-Eka Ramdani (Ahmad Bustomi, 83'), 10-Oktovianus Maniani (Arif Suyono, 69'), 17-Irfan Haarys Bachdim (Bambang Pamungkas, 59'), 9-Christian Gonzales

Thailand: 18-Sinthaweechai Hathairattanakool (g), 2-Suree Sukha (Sunchao Nutnum, 76'), 3-Nattahaphong Samana, 5-Suttinun Phukhom, 6-Nataporn Phanrit (C), 7-Datsakorn Thonglao (Therdsak Chaiman, 67') 10-Teerasil Dangda, 11-Rangsan Vivatchaichok, 20-Panupong Wongsa, 25-Kirati Keawsombut (Sarayoot Chaikamdee, 72'), 28-Naruphol Ar-Romsawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra